Kamis, 29 Desember 2011

Kulya Dari Bpk. Fatul (Ahli Gua)

SPELEOLOGI

 Adalah --> Ilmu yang mempelajari Gua dan Lingkungannya.

Dari materi yang sudah dikasih dan dijelasin, aku punya beberapa pertanyaan ???? yang sudah dijawab oleh Bpk. Fatul (Ahli Gua), yang -+ inti jawabannya sebagai berikut : : : : : : : : : : : : : :
  1. Bagaimana terbentuknya gua yang mulut guanya dalam keadaan miring? 
  2. Bagaimana evolusi tumbuhan / hewan yang ada digua? dan perbandingannya dengan hewan yang ada dilingkungan biasa (teristial)?
  3. Bagaimana keadaan tanah di dalam gua?
  4. Bagaimana mengukur kedalaman gua, bila gua tersebut miring dan berkelok-kelok?
  5. Bagaimana tingkat keganasan hewan yang hidup digua? atau lebih tepatnya bagaimana tingkah lagu hewan yang hidup dizona gelap abadi gua?
  6. Bagaimana cara membuat petakan di gua, agar orang tau bahwa kita yang pertama kali masuk ke gua tersebut?
Jawaban nya :
  1. Terbetuknya, secara umum karena adanya aliran sungai yang mendorong batuan kapur secara terus menerus (karena batuan kapur tidak sekeras batuan granit), sehingga batuan kapur tersebut jebol, dan membentuk ruang, dan membuat aliran sungai masuk ke dalam ruang tersebut. Ruang itu yang kita sebut Gua.
  2. Tumbuhan yang ada di gua : umumnya kerdil karena sedikit atau tidak sama sekali  mendapat sinar matahari. sedangankan hewannya : umumnya memiliki kaki yang lebih-lebih-lebih-lebih panjang, untuk hewan yang memiliki antena seperti insect maka antenanya bisa lebih panjang 3-5 kali panjang tubuhnya, dimana panjang antena hanya 2 kali panjang tubuhnya. dan hewan yang ada di dalam gua kurang memiliki pigmen tubuh karena tidak mendapat sinar matahari, oleh sebab itu warnanya agak gelap atau ada juga yang albino. Misalnya nyamuk, memiliki kaki yang lebih-lebih-lebih panjang dari nyamuk umum, dan warna tubuhnya agak kecoklatan.
  3. Tanah di dalam gua, umumnya berlumpur, dan lembab, karena bila terjadi pasang, air yang ada didalam gua naik dan menggenangi permukaan.
  4. Tidak perlu menggunakan tali, meteran. Cukup menggunakan Klinometer, alat ini bekerja seperti laser, dengan menghidupkan lampunya, dan menunjukkan kearah yang dituju maka alat ini langsung mengukur secara otomatis.
  5. Hewan yang hidup digua biasanya lebih lambat gerakannya, hal ini mungkin karena bentuk adaptasinya untuk  menghemat energi yang dikeluarkan, karena hewan-hewan tersebut dapat berpuasa hingga 50 hari.
  6. Di gambar sketsa tempat kita berdiri, dan digambarkan juga apa saja disekeliling kita. Misalnya ada danau didalam gua yang jaraknya +- 100 dari posisi kita, dan ciri-ciri lainnya. Selanjutnya di ajukan ke makalah atau tabloid atau juga media cetak lainnya untuk diterbitkan.